Pada tahun 1964, dibentuk panitia khusus untuk mempersiapkan penegerian Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang yang diketuai oleh Letkol. Drs. Hasbullah Bakry dan Drs. Hasanuddin sebagai sekretaris. Usaha panitia berhasil, yaitu dinegerikannya Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang berdasarkan surat keputusan Menteri Agama RI nomor 86 tahun 1964 tanggal 20 Oktober 1964.
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kecenderungan zaman, maka di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dikembangkan beberapa Program Studi. Pada tahun 2007 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah membuka program baru, yakni program Pendidikan Bahasa Inggris. Atas persetujuan dan Keputusan DIRJEN PENDIS DEPAG RI No.: DJ.I/178/2007 Program Pendidikan Bahasa Inggris dibuka
Sejarah panjang tersebut menegaskan peran penting UIN Raden Fatah dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai LPTK dalam menghasilkan lulusan bidang pendidikan khususnya maupun lulusan di bidang non kependidikan.
Perluasan mandat menjadi universitas tidak berarti menghilangkan misi kependidikan UIN Raden Fatah sebagai LPTK, namun keberadaan program non kependidikan justru merupakan upaya memperkuat program kependidikan sehingga dihasilkan calon pendidik maupun tenaga kependidikan yang berkualitas.
Pengalaman panjang tersebut merupakan modal berharga bagi upaya memantapkan peran UIN Raden Fatah dalam penyiapan dosen maupun tenaga kerja non dosen. Untuk menghasilkan lulusan baik bidang pendidikan maupun non
kependidikan yang berkualitas, kurikulum merupakan salah satu instrumen penting dalam proses pendidikan. Sebagaimana tertuang dalam Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Dengan demikian tercapai tidaknya tujuan pendidikan akan sangat tergantung dari kurikulum yang diterapkan.